MapalaPTM.com

Portal Berita Petualang



Selasa, 18 Oktober 2016 - 00:32:22 WIB

Tips Buat Para Pendaki Wanita Agar Selalu Tetap Cantik Saat Mendaki Gunung

Kategori: Tips & Trik Diposting oleh : Bianca Rafflesia - Dibaca: 1421 kali



MapalaPTM.com (17/10) - Olahraga petualangan mendaki gunung tak cuma digemari kaum lelaki tetapi juga para wanita. Meski perjalanan mendaki gunung bisa memakan waktu berhari-hari, menempuh medan terjal, menghadapi cuaca ekstrim, dan dengan segala keterbatasan yang ada, tidak lantas menjadikan para wanita penakluk gunung ini mundur dari tekadnya.
 
Mereka tidak kuatir kalau tidak mandi berhari-hari, tidak takut kulitnya hitam akibat paparan sinar terik matahari, dan siap menghadapi segala rintangan dalam pendakian. Namun sebagai wanita, tentu urusan penampilan tidak mungkin dilupakan begitu saja, simak tips praktis agar tetap cantik meski sedang mendaki gunung berikut ini. Apalagi kalau Anda para wanita yang suka mengabadikan keberadaan Anda di depan kamera, jangan sampai tidak puas dengan hasil foto-foto pendakian gunung Anda.
 
1.Persiapan Fisik
Ketahanan fisik dan mental wajib dipersiapkan kalau ingin mendaki gunung, agar Anda kuat, tangguh, dan tidak jatuh sakit. Setidaknya lakukan latihan fisik rutin sebulan sebelum pendakian. Latihan fisik yang paling cocok adalah jogging, push up, sit up, back up, dan renang untuk melatih pernafasan. Fisik yang sehat dan kesiapan mental bisa memancarkan kecantikan tersendiri pada saat Anda berjerih payah melakukan pendakian. Tentu kalau Anda sakit dan pucat tidak akan terlihat cantik dan menarik.
 
2.Perhatikan Kebersihan Kulit
Bawa tisu basah yang tidak berbau kuat, sebab wewangian yang kuat dapat mengundang serangga. Jadi kalau Anda tidak ketemu sungai atau air untuk membersihkan diri, Anda bisa menggunakan tisu basah untuk membersihkan muka dan kulit tubuh yang lengket akibat keringat. Jangan sampai kulit Anda dibiarkan kotor dan kusam lantaran tidak mandi. Anda bisa juga membawa sebotol alkohol dan kapas untuk melap kaki, tangan, dan bagian kulit yang mudah tergesek. Kalau badan sudah bersih dan kulit tidak lengket, pasti Anda lebih nyaman untuk tidur atau beristirahat.
 
3.Tabir Surya
Cuaca gunung yang ekstrim membuat Anda perlu memakai pelindung kulit seperti sunblock atau lotion tabir surya, agar kulit tidak mudah rusak, kering, dan terbakar. Paparan sinar ultraviolet di gunung lebih kuat intensitasnya, sehingga Anda perlu mengoleskannya setiap dua jam sekali. Gunakan sunblock dengan SPF 30 hingga SPF 50 yang juga aman dipakai di wajah dan tahan air. Bahkan lebih bagus kalau Anda juga membawa gel lidah buaya untuk menyejukan kulit Anda selepas berpanas-panasan.
 
4.Lip Balm
Lip Balm alias pelembab bibir wajib Anda gunakan selama pendakian. Cuaca tak menentu dan terpaan angin kencang bisa membuat bibir Anda kering dan mengelupas. Penampilan Anda pasti ganjil dipandang kalau bibir Anda pecah-pecah. Letakkan lip balm di kantong samping ransel atau kantong jaket yang mudah diraih, supaya Anda bisa rajin-rajin mengoleskannya. Pilih lip balm yang berwarna cerah dan mengandung vitamin E untuk mendukung penampilan wajah Anda yang letih saat berfoto, agar bibir tampak sehat dan cerah.
 
 
5.Bawa Baju Ringan yang Mudah Kering
Kini banyak tersedia baju-baju quick dry berwarna-warni yang langsung kering hanya dengan diangin-angin, tanpa harus bergantung pada sinar matahari. Baju-baju ini bakal membuat Anda lebih semangat untuk melanjutkan pendakian gunung, dan tampil percaya diri di depan lensa kamera. Lebih gaya lagi kalau Anda memadukannya dengan manset tangan lengan panjang, selain untuk melindungi tangan dari tanaman liar yang gatal. Meski tidak banyak pilihan model baju mendaki gunung, tapi Anda bisa memainkan kombinasi warnanya supaya terlihat modis.
 
6.Kacamata Hitam
Wajar kalau Anda berpose di gunung memakai kacamata hitam. Selain berguna untuk melindungi mata dari sinar ultraviolet dan terpaan angin, kacamata hitam ini bisa menyamarkan mata panda Anda yang mungkin kurang tidur. Pilihan kacamata hitam yang tepat membingkai wajah Anda pasti menjadikan penampilan Anda lebih menarik, khususnya di kamera.
 
7.Slayer atau Buff
Benda ini punya beberapa kegunaan yang cocok buat Anda para wanita penakluk gunung. Selain bisa menyamarkan bentuk rambut yang berantakan, slayer juga berguna sebagai pelindung leher dan kepala dari angin atau sinar terik matahari. Tampilan Anda akan terlihat lebih keren dengan slayer bermotif atau berwarna menarik, bahkan wajah Anda pun ikut terlihat lebih segar. Slayer atau Buff jika dipakai di kepala sebagai bandana juga bisa menghalau keringat yang jatuh ke muka agar tidak mengganggu pandangan mata Anda selagi mendaki gunung.
 
8.Bedak Bayi
Anda bisa menaburkan bedak bayi ke rambut Anda yang lengket berkeringat tapi belum bisa berkeramas, untuk menyamarkan minyak rambut berlebih yang terkesan kusam. Bedak bayi juga bisa digunakan pada badan dan wajah sehabis dibersihkan agar tampak lebih segar. Namun, jangan bawa bedak yang wanginya kuat, sebab bisa menarik serangga datang. Kalau Anda gatal-gatal akibat tanaman liar atau gigitan serangga, bedak ini juga bisa membantu mengurangi rasa gatal yang panas.
 
9.Kebersihan Mulut
Kondisi mulut yang kotor dan berbau tak sedap pasti sangat mempengaruhi penampilan dan rasa percaya diri Anda, apalagi saat harus tersenyum di kamera. Jadi jangan lupa memperhatikannya dengan tetap rajin gosok gigi, menggunakan benang pembersih gigi alias dental floss, atau membawa obat kumur antiseptik. Buat diri Anda tetap bersih, sehat, dan nyaman, meski dalam kondisi serba terbatas di tengah gunung.
 
10.Senyum Kebebasan
Anda tidak membutuhkan kosmetik atau make up selagi mendaki gunung. Satu-satunya kosmetik yang Anda butuhkan adalah senyuman, begitu kata sebuah pepatah artis dunia Marylin Monroe. Kalau pun Anda memakai make up saat pendakian sudah pasti cepat luntur karena berkeringat. Maka banyak-banyaklah tersenyum pada alam, berikan senyuman terbaik di dalam setiap foto-foto Anda, yaitu senyuman kebebasan.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Portal Berita Petualang MapalaPTM.com bekerjasama dengan Brand-brand Outdoor di Indonesia dalam hal penjualan perlengkapan maupun peralatan produk-produk Outdoor untuk mensupport Biaya-biaya Operasional Tim Jurnalist MapalaPTM.com...
 
Apabila para Pembaca setia MapalaPTM.com ingin berkontribusi juga untuk mendukung dan mensupport tim Jurnalist Kami, Maka diharapkan bantuannya untuk ikut membagikan link Warung.MapalaPTM.com ke sahabat2, Teman2, Tetangga2 agar dapat berkunjung di Warung.MapalaPTM.com... 
 
"Toko-toko Outdoor di seluruh kota di Indonesia dan seluruh Brand Outdoor di dunia akan Segera hadir disini..."
 
Dont Forget yeaaaa...!!!
The Biggest in the World Shopping Online For Special Outdoor Equipment... Only at Warung.mapalaPTM.com...
 
Note: Jangan lupa lihat produk-produk Outdoornya di paling bawah halaman ini !!!
 
-Portal Berita Petualang-
Hastag #Mapala #MapalaPTM
#Portal Berita: MapalaPTM.com 
#Outdoor Gear: Warung.MapalaPTM.com
#Facebook: MapalaPTM.com
#Twitter  : @MapalaPTM
#Instagram: @MapalaPTM
 
Jika para petualang, Backpacker, Pecinta Alam, Mapala, maupun Sispala yang hobby menulis tentang Kegiatan- kegiatan Organisasinya, petualangannya, kritik kerusakan lingkungan, Wisata Alam,  dan Artikle-nya ingin dimasukan ke Portal Berita Petualang MapalaPTM.Com, Silahkan tulisannya kirim ke email: MapalaPTM@gmail.com atau inbox ke Fanspage MapalaPTM.Com yang di facebook. 

Kami juga akan membuatkan username akun penulis dan passwordnya di portal MapalaPTM.Com, agar para penulis bisa langsung memposting artiklenya sendiri ke portal berita petualang MapalaPTM.Com
 
#Apabila ada teman-teman yang ingin kejuaraan panjat dinding-nya kita tayangkan di halaman MapalaPTM.com, diharapkan mengirimkan dalam bentuk artikle berita + famplet berbentuk landscape untuk judul beritanya.
 
Yuukkk Mari Menulis, Berbagi itu Indah...





Berita Terkait


Cuaca Ekstrem, Para Pendaki Gunung Gede Dihimbau agar Selalu Tetap Waspada
Jatuh ke Jurang, Pendaki asal Inggris Meninggal saat Mendaki Gunung Abang di Bali
Dua Pendaki asal Polandia Meninggal Saat Mendaki di Pegunungan Himalaya
Perbaikan Tiga Jalur Menuju Bromo-Tengger-Semeru Jadi Perhatian Khusus Pemerintah Pusat
Kabar Gembira! Pesan Tiket Secara Online Pendakian ke Gunung Rinjani Siap diterapkan Balai TNGR



IP Anda Adalah: 54.224.102.26

Translate



Kategori



Gallery Foto


Dua Tokoh Petualangan di Indonesia
Yuni & Cahyo
Mila Ayu Haryanti - 7 Summiter Indonesia in 100 days
Mila Ayu H
Kang Bongkeng dan Portal Berita Petualang MapalaPTM.Com
Djukardi Bongkeng
APGI: Assosiasi Pemandu Gunung Indonesia
APGI
Vicky Gosal, Seorang tokoh petualangan di indonesia
Vicky Gosal
Tim Putri Seven Summit Indonesia "Wissemu" Mahitala Unpar, Bandung
Hilda & Fransisca



Sekilas Info

Masih Jomblo? Mau Cari Pasangan Hidup yg bisa diajak Berpetualang? Join Yukkk di Kolom Jomblo

Apakah Anda Tahu? Salah Satu Jalur Pendakian Termahal di Dunia yaitu di Gunung Carstenz, Papua

Masih Jomblo? Mau Cari Pasangan Hidup yg bisa diajak Berpetualang? Join Yukkk di Kolom Jomblo

Green Boots adalah sebutan Mayat yg tdk teridentifikasi dan menjadi acuan arah ke puncak Gn Everest

Masih Jomblo? Mau Cari Pasangan Hidup yg bisa diajak Berpetualang? Join Yukkk di Kolom Jomblo

Pemandu pendaki gunung Nepal Appa Sherpa telah mendaki puncak Everest 18x

Semua pendaki Gn Everest dan tim pendukung wajib angkut sampah 8 kg ketika turun

Masih Jomblo? Mau Cari Pasangan Hidup yg bisa diajak Berpetualang? Join Yukkk di Kolom Jomblo

Sherpa di Nepal anjurkan makan bawang putih, Cegah rasa tidak nyaman krn ketinggian gunung

Masih Jomblo? Mau Cari Pasangan Hidup yg bisa diajak Berpetualang? Join Yukkk di Kolom Jomblo

Penelitian Menemukan Seorg yg Cintai Lingkungan adlh yg lebih diinginkan u/ Hubungan Jangka panjang

Masih Jomblo? Mau Cari Pasangan Hidup yg bisa diajak Berpetualang? Join Yukkk di Kolom Jomblo

Cuaca buruk, Jangan Aktifkan Hp di atas gunung jika tak ingin tersambar petir

Masih Jomblo? Mau Cari Pasangan Hidup yg bisa diajak Berpetualang? Join Yukkk di Kolom Jomblo





video klip hasil karya musik dari musisi IWA K yang turut mendukung #WALHI (2803066)

Merinding, Baca Sms Terakhir Supriyadi Saat Nyasar di Gunung Semeru (46219)

Pendaki asal Jakarta Meninggal Dunia Saat Mendaki ke Puncak Gunung Tertinggi di Indonesia, Carstenz (40833)

Gunung Semeru Memakan Korban Lagi, Pendaki asal Depok Tewas di Kalimati pagi tadi (32866)

LOTENG Resmi Buka Jalur Baru Rinjani Terindah Terlandai & Terdekat (30045)

Pendaki yang Hilang ditemukan telah Tewas Jatuh ke Jurang sedalam 150 Meter (29521)

Mapala itu Garda Terdepan di Setiap Bencana, Sistem Diksar Dibenahi & Bukan Mapalanya dibubarkan (29071)

Cerita Unik Dan Menakutkan Dibalik keindahan Gunung Kerinci Jambi (28744)

Kronologis Meninggalnya Pendaki asal Depok di Kalimati Gunung Semeru (24846)

Guider Mahasiswa UIN Jatuh Ke Dasar Goa Terdalam di Indonesia, Maros Sulsel (23650)

Pendakian Gunung Sindoro-Sumbing Terbaru Januari 2016 (22909)

Kronologis Meninggalnya Ike Suseta Adelia Asal Palembang di Gunung Rinjani (20502)

Kronologi Hilangnya Pendaki asal Cirebon di Gunung Semeru (20059)

Jelang Milad ke-X, Mapalamu Luwuk Banggai Sulawesi Tengah Gelar Berbagai Kegiatan

Kerinci, Atap Sumatera Mempesona Berhasil Digapai Tim 7 Summits Indonesia in 100 Days

Manfaatkan momen Car Free Day, MAPALA UMRI lakukan kegiatan ini

Anggota UPL MPA Unsoed Purwokerto Buka Jalur Pendakian di Gunung Slamet via Penakir

Keluarga Besar Mapala Muhammadiyah Se-Indonesia Ucapkan Selamat Milad Kepada Muhammadiyah Ke-105

Jenasah Pendaki Gunung Lawu Ditemukan Membusuk, Diperkirakan Meninggal Lebih dari Sebulan

Yogyakarta Siap Gelar Kejurnas Panjat Tebing XVI Untuk Jaring Atlet Potensial

GEMAPALA WIGWAM FH UNSRI sukses adakan kegiatan MUSI RIVER CAMP

Mengenal Lebih Dekat Pencinta Alam di Kota Sejuta Bunga, Mapala "SULFUR" UNTIDAR Magelang

II-Outfest, Pameran Aktivitas Outdoor Terbesar akan Meriahkan Pertama Kalinya di Kota Makassar

Kongres IV Pecinta Alam Bandung Raya Rekomendasikan Forum Nasional Pecinta Alam Indonesia

Membentuk Karakter Pemuda Lewat Pendidikan Dasar KPA Summit Adventure

Tim 7 Summits Indonesia in 100 Days Menggapai Puncak Rantemario, Latimojong