MapalaPTM.com

Portal Berita Petualang



Senin, 16 Oktober 2017 - 17:55:27 WIB

Selamat Milad, Tepat Hari ini Media Petualang Indonesia MapalaPTM.com Genap Berusia Dua Tahun

Kategori: Lainnya Diposting oleh : Citra - Dibaca: 832 kali



Jakarta, MapalaPTM.com (16/10) - Tepat pada hari senin ini, Media Petualang Indonesia MapalaPTM.com genap berusia dua tahun yang telah berdiri sejak tahun 2015 silam untuk memberikan informasi-informasi dunia petulangan yang ada di indonesia.
 
Dengan bertambah usia ini diharapkan media portal ini dapat memberikan tempat bagi para pelaku-pelaku penggiat alam bebas agar selalu berbagi kabar terbaru yang telah terjadi belakangan ini mengenai seputar kepecintaalaman dan kegiatan-kegiatannya.
 
Chiko Luciano selaku CEO MapalaPTM.com dan juga salah satu anggota PMPA Alpiniste Jakarta mengucapkan selamat milad dan dengan adanya media portal ini, agar dapat bermanfaat untuk selalu bertukar informasi dan tetap kritis terhadap para perusak-perusak hutan di indonesia yang selalu kita cintai ini.
 
"Ide membuat media petualangan ini sebenarnya semenjak tahun 1999, saat itu saya bertemu dengan sahabat bernama fendri romli atau panggilannya pepenk di sekretariat Madapala UAD Yogyakarta. Disitu kita berdiskusi berdua dengan serius tapi santai, sambil menikmati kopi dan suasana ala anak-anak jogja" kenangnya.
 
"Dahulu itu saya menunjuk dia (pepenk) untuk membuat media petualangan ini, karena matanya selalu sibuk di dunia internet setiap kali mampir di sekretariatnya. lagipula itu ia adalah seorang hacker yang hobby-nya selalu ngacak-ngacak website orang lain" tandas chiko Luciano (sambil tertawa kecil) saat diwawancarai salah satu kontributor MapalaPTM.com.
 
Selain itu ucapan selamat milad kepada Media Petualang Indonesia MapalaPTM.com yang bertepatan pada hari ini pun diberikan oleh salah seorang petinggi di lingkungan Pendidikan Tinggi Muhammadiyah dan juga Komisaris Badan SAR Perguruan Tinggi Islam Se-Dunia yaitu Prof.DR.H Edy Suandi Hamid, M.Sc.
 
"Selamat Milad MapalaPTM.com, Semoga tetap eksis dan dirasakan kehadirannya baik oleh anggota maupun masyarakat luas" Ucap Prof Edy selaku Wakil Ketua Dikti Muhammadiyah dan juga sebagai presiden Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia.
 
Para sahabat-sahabat mapala di seluruh indonesia pun ikut mengucapkan Selamat ulang tahun kepada MapalaPTM.com, Salah satunya yaitu dari Ronie Ibrahim selaku Ketua APGI, Komisaris Outfest dan juga salah satu anggota senior Aranyacala, Universitas Trisakti Jakarta.
 
Ronie Ibrahim mengucapkan selamat ulang tahun yang kedua kepada MapalaPTM.com yang sudah menjadi garda terdepan dalam memberitakan berbagai pemberitaan, kegiatan, kejadian, promosi serta perkembangan dunia petualangan indonesia khususnya dunia pendakian gunung. Semoga semakin maju dan makin bermanfaat buat dunia petualangan secara khusus.
 
Mohd Al Fatih, Salah seorang anggota senior angkatan 1984 di mapala stacia UM Jakarta juga memberikan ucapan selamat ulang tahun kepada MapalaPTM.com, Semoga berkembang menjadi sumber berita bagi kalangan pegiat lingkungan dan petualangan, jadikan wadah silaturahim, edukasi dan pemersatu. Warnai dengan ilmu, berita-berita faktual serta media interaksi antar sahabat pecinta alam. Kembangkan menjadi corong bagi kalangan pecinta alam kepada dunia luar, Selamat... Salam Lestari !!!.
 
Anggota senior angkatan 89 di Malimpa Universitas Muhammadiyah Surakarta, Ahyar stone pun tak ketinggalan memberikan pandangan yaitu kegiatan pecinta alam adalah kegiatan yang sepi penonton dan minim pembaca, hanya media massa yang memiliki idealisme kuat yang mau berada di jalur sepi itu.
 
"Kita aktivis pecinta alam, berhutang terima kasih kepada MapalaPTM.com yang idealisme jalur sepinya, tak pernah berhenti menyapa publik selama dua tahun. Sapaan itu telah membuat publik tercerahkan, sehingga memahami kegiatan pecinta alam secara lebih luas dan lebih baik. Selamat Ulang tahuh MapalaPTM.com, Semoga api idealisme itu tetap berkobar." ucap Ahyar Stone yang juga selaku sekjen SAR Mapala Muhammadiyah Indonesia.
 
Tak ketinggalan juga salah seorang anggota Mafesripala UNSRI palembang, Fauzan mengucapkan selamat ulang tahun MapalaPTM.com, Semoga jaya selalu memberikan informasi dan berita yang keren-keren . Harapan kedepannya bisa terus update tentang berita-berita seputar mahasiswa pecinta alam.
 
Eko dan zuhroh, Kontributor MapalaPTM.com pun ikut mengatakan sudah dua tahun ternyata dan juga memberikan ucapan Kami dari Mapala Mahesa Universitas Muhammadiyah Tangerang memberikan ucapan happy milad yang ke-2 Media Petualang Indonesia MapalaPTM.com, Semoga semakin jaya dan sukses. Selalu memberikan informasi ter-update.
 
Anggota Mapala Arcapada Yogyakarta, Fatimah turut memberikan ucapan Happy Birthday MapalaPTM.com, Semoga selalu memberi info-info berita yang ter-update terutama tentang pendakian, jaya selalu dan pokok e yang terbaik buat Media Petualang Indonesia MapalaPTM.com.
 
Tia dan Budi Kodok, Anggota Camp STIEM Jakarta ikut memberikan ucapan selamat ulang tahun ya buat media petualang indonesia yang kedua, terus berkarya yah, semoga sukses selalu dan makin jaya. Tetap terus berjaya, kritis dan terus menyajikan informasi-informasi yang aktual tentang kepecintaalaman. "I wish you all the best".
 
Pantun untuk ucapan selamat milad kepada MapalaPTM.com pun diberikan oleh salah satu anggota Mapala Satria Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Eras Dwitanto: "Buah mangga buah rambutan, Enaknya dimakan sama bihun.. pantesan aja jempolku kedutan, ternyata MapalaPTM.com  ulang tahun. Selamat ulang tahun Om admin, Semoga semakin jaya di laut, darat dan udara".
 
Menda dari Mapala UMRI Riau memberikan ucapan selamat ulang tahun MapalaPTM.com yang kedua, Semoga kedepannya menjadi portal berita petualang yang terdepan dan tercepat menyuguhkan informasi yang akurat baik mengenai kepecintaalaman, isu-isu lingkungan, berita adventure maupun potensi alam dengan memiliki banyak viewers/pembaca dari seluruh penjuru dunia. MapalaPTM.com, Lestariii..!!
 
Salah satu anggota PMPA Alpiniste STIE AD Jakarta, Sondang mengucapkan Selamat berumur dua tahun buat Media Petualang Indonesia MapalaPTM.com. Semoga selalu bisa menyiarkan berita-berita secara luas lagi, panjang karir beritanya serta tak putus-putus informasi yang disuguhkannya.
 
Okti Wiji atau panggilannya Chemonk, Ina Dumang dan Sale dari Madapala UAD Yogyakarta mengatakan Wah, gak kerasa sudah dua tahun aja.. Happy birthday, semoga makin bermanfaat artikle dan berita-beritanya tentang kegiatan mapala dimanapun berada. Semoga berkah, Makin maju MapalaPTM.com dan lebih baik lagi dan Selalu jaya.
 
 
Sekilas info tentang sejarah ulang tahun
Ulang tahun atau Milad (dalam bahasa arab) pertama kali dimulai di Eropa. Dimulai dengan ketakutan akan adanya roh jahat yang akan datang pada saat seseorang berulang tahun, untuk menjaganya dari hal-hal yang jahat, teman-teman dan keluarga diundang datang saat sesorang berulang tahun untuk memberikan do’a serta pengharapan yang baik bagi yang berulang tahun. Memberikan kado juga dipercaya dapat memberikan rasa gembira bagi orang yang berulang tahun sehingga dapat mengusir roh-roh jahat tersebut.
 
Merayakan ulang tahun merupakan sejarah lama. Orang-orang jaman dahulu tidak mengetahui dengan pasti hari kelahiran mereka, karena waktu itu mereka menggunakan tanda waktu dari pergantian bulan dan musim. Sejalan dengan peradaban manusia, diciptakanlah kalender. Kalender memudahkan manusia untuk mengingat dan merayakan hal-hal penting setiap tahunnya, dan ulang tahun merupakan salah satunya.
 
Banyak simbol-simbol yang diasosiasikan atau berhubungan dengan ulang tahun sejak ratusan tahun lalu. Ada sedikit penjelasan mengapa perayaan ulang tahun harus menggunakan kue. Salah satu cerita mengatakan, karena waktu dulu bangsa Yunani menggunakan kue untuk persembahan ke kuil dewi bulan, Artemis. Mereka menggunakan kue berbentuk bulat yang merepresentasikan bulan purnama.
 
Cerita lainnya tentang kue ulang tahun yang bermula di Jerman yang disebut sebagai “Geburtstagorten” adalah salah satu tipe kue ulang tahun yang biasa digunakan saat ulang tahun. Kue ini adalah kue dengan beberapa layer yang rasanya lebih manis dari kue berbahan roti.
 
Simbol lain yang selalu menyertai kue ulang tahun adalah penggunaan lilin ulang tahun di atas kue. Orang Yunani yang mempersembahkan kue mereka ke dewi Artemis juga meletakan lilin-lilin di atasnya karena membuat kue tersebut terlihat terang menyala sepeti bulan (gibbons, 1986).
 
Orang Jerman terkenal sebagai orang yang ahli membuat lilin dan juga mulai membuat lilin-lilin kecil untuk kue mereka. Beberapa orang mengatakan bahwa lilin diletakan dengan alasan keagamaan/religi. Beberapa orang jerman meletakan lilin besar di tengah-tengah kue mereka untuk menandakan “Terangnya Kehidupan” (Corwin,1986). Yang lainnya percaya bahwa asap dari lilin tersebut akan membawa pengharapan mereka ke surga.
 
Saat ini banyak orang hanya mengucapkan pengharapan di dalam hati sambil meniup lilin. Mereka percaya bahwa meniup semua lilin yang ada dalam satu hembusan akan membawa nasib baik. Pesta ulang tahun biasanya diadakan supaya orang yang berulang tahun dapat meniup lilinnya.
 
Ada juga mitos yang mengatakan bahwa ketika kita memakan kata-kata yang ada di atas kue, kata-kata tersebut akan menjadi kenyataan. Jadi dengan memakan “Happy Birthday” akan membawa kebahagiaan.
 
Pada pesta ulang tahun pertama kalinya, pesta diadakan karena orang menduga akan adanya roh jahat yang mengganggu mereka. Jadi mereka mengundang teman dan kerabat untuk menghadiri pesta ulang tahun mereka sehingga roh-roh jahat tidak jadi mengganggu yang berulang tahun. Dalam pesta-pesta selanjutnya banyak dari keluarga dan teman yang membawa kado atau bunga untuk yang berulang tahun.
 
Diakhir kata penutup, Media Petualang Indonesia MapalaPTM.com mengucapkan banyak terima kasih kepada para kontributor-kontributor yang ada di seluruh penjuru Indonesia. Mohon maaf apabila ada kata-kata yang tidak berkenan di hati para pembaca. Terima Kasih, wasalam.
 
Salam Lestari...
 
 
 
 
 
 
-Media Petualang Indonesia-
Hastag #Mapala #MapalaPTM
#Facebook: MapalaPTM.com
#Twitter  : @MapalaPTM
#Instagram: @MapalaPTM
#Youtube  : MapalaPTM
 
Jika para petualang, Backpacker, Pecinta Alam, Mapala, maupun Sispala yang hobby menulis tentang Kegiatan- kegiatan Organisasinya, petualangannya, kritik kerusakan lingkungan, Wisata Alam,  dan Artikle-nya ingin dimasukan ke Media Petualang Indonesia MapalaPTM.com, Silahkan tulisannya kirim ke email: MapalaPTM@gmail.com atau inbox ke Fanspage halaman MapalaPTM.com yang di facebook. 
 
Kami juga akan membuatkan username akun penulis dan passwordnya di portal MapalaPTM.com, agar para penulis bisa langsung memposting artiklenya sendiri ke Media Petualang Indonesia MapalaPTM.com
 
#Apabila ada teman-teman yang ingin kejuaraan panjat dinding-nya kita tayangkan di halaman MapalaPTM.com, diharapkan mengirimkan dalam bentuk artikle berita + famplet berbentuk landscape untuk judul beritanya.
 
Yuukkk Mari Menulis, Berbagi itu Indah...





Berita Terkait


4 Anggota Polisi Diperiksa Terkait Insiden Kekerasan terhadap Wartawan Saat Meliput Aksi Tolak PLTPB
Aliansi Organisasi Kecam Tindakan Kekerasan pada Demonstran Penolak PLTPB Slamet di DPRD Banyumas
Kejuaraan Nasional Orienteering ke-5 Mapala Hiawata Siap diadakan di Kota Pagar Alam
Pendakian Antar Propinsi Sumsel dan Bengkulu, 12 Hari Membelah Hutan Hujan Sumatera di Gunung Patah
Pelantikan UKM Universitas Muhammadiyah Riau dan Pelantikan Badan Pengurus Harian Mapala UMRI



IP Anda Adalah: 54.166.233.99

Translate



Kategori



Gallery Foto


Dua Tokoh Petualangan di Indonesia
Yuni & Cahyo
Mila Ayu Haryanti - 7 Summiter Indonesia in 100 days
Mila Ayu H
Kang Bongkeng dan Portal Berita Petualang MapalaPTM.Com
Djukardi Bongkeng
APGI: Assosiasi Pemandu Gunung Indonesia
APGI
Vicky Gosal, Seorang tokoh petualangan di indonesia
Vicky Gosal
Tim Putri Seven Summit Indonesia "Wissemu" Mahitala Unpar, Bandung
Hilda & Fransisca



Sekilas Info

Mayor John Wesley P, Bpk Arung Jeram Dunia dgn pertama kali susuri Sungai Colorado sejauh 250 mil

Apakah Anda Tahu? Salah Satu Jalur Pendakian Termahal di Dunia yaitu di Gunung Carstenz, Papua

Berkemah di alam terbuka, mengasah kreatifitas anak & mampu hadapi tantangan utk selesaikan masalah

Green Boots adalah sebutan Mayat yg tdk teridentifikasi dan menjadi acuan arah ke puncak Gn Everest

Senyuman dpt menularkan kebahagiaan kpd orang lain, Senyum yg tulus bermanfaat dlm meraih kesuksesan

Pemandu pendaki gunung Nepal Appa Sherpa telah mendaki puncak Everest 18x

Semua pendaki Gn Everest dan tim pendukung wajib angkut sampah 8 kg ketika turun

Remaja masa kini lebih lancar berkomunikasi di sosial media, dibandingkan di kehidupan nyata

Sherpa di Nepal anjurkan makan bawang putih, Cegah rasa tidak nyaman krn ketinggian gunung

Pikiran positif Anda akan menuntun kehidupan Anda pada hasil yang positif

Penelitian Menemukan Seorg yg Cintai Lingkungan adlh yg lebih diinginkan u/ Hubungan Jangka panjang

Melamun terbukti mampu buat Seseorang lebih kreatif & merangsang otak memunculkan ide-ide kreatif

Cuaca buruk, Jangan Aktifkan Hp di atas gunung jika tak ingin tersambar petir

Masih Jomblo? Mau Cari Pasangan Hidup yg bisa diajak Berpetualang? Join Yukkk di Kolom Jomblo





video klip hasil karya musik dari musisi IWA K yang turut mendukung #WALHI (2870747)

Merinding, Baca Sms Terakhir Supriyadi Saat Nyasar di Gunung Semeru (47246)

Pendaki asal Jakarta Meninggal Dunia Saat Mendaki ke Puncak Gunung Tertinggi di Indonesia, Carstenz (44605)

Gunung Semeru Memakan Korban Lagi, Pendaki asal Depok Tewas di Kalimati pagi tadi (33946)

Cerita Unik Dan Menakutkan Dibalik keindahan Gunung Kerinci Jambi (32893)

LOTENG Resmi Buka Jalur Baru Rinjani Terindah Terlandai & Terdekat (31047)

Mapala itu Garda Terdepan di Setiap Bencana, Sistem Diksar Dibenahi & Bukan Mapalanya dibubarkan (30435)

Pendaki yang Hilang ditemukan telah Tewas Jatuh ke Jurang sedalam 150 Meter (30355)

Pendakian Gunung Sindoro-Sumbing Terbaru Januari 2016 (26254)

Kronologis Meninggalnya Pendaki asal Depok di Kalimati Gunung Semeru (25982)

Guider Mahasiswa UIN Jatuh Ke Dasar Goa Terdalam di Indonesia, Maros Sulsel (24539)

Kronologis Meninggalnya Ike Suseta Adelia Asal Palembang di Gunung Rinjani (22556)

Kronologi Hilangnya Pendaki asal Cirebon di Gunung Semeru (21015)

Buka Bersama dan Talkshow "Kompetensi dan Sertifikasi dalam Bidang Pecinta Alam"

GEMAPALA BBC Cirebon Akan Menggelar Festival Ramadhan 2018

GUNUNG BUKAN MILIK KALANGAN DAN GOLONGAN.

Derita Para Petani Salingka Gunung Talang Terkait Konflik Mega Proyek PLTPB Geothermal

Dua Srikandi Gapai Puncak Gunung Tertinggi Dunia di Everest, Seven Summiter Wanita Pertama Indonesia

Predator Sebagai Penunjang Ekosistem

Jelang Ramadhan, PMPA KOMPOS FP UNS Gelar Donor Darah

Indofest 2018 Jakarta Telah Mulai Dibuka, Pagelaran Festival Outdoor Terbesar di Indonesia

Tim Putri Indonesia asal Mahitala Unpar Bandung Menunggu Waktu Menuju Puncak Everest

Para Pendaki Gunung Alpen Swiss Meninggal Dunia Akibat Terjebak Cuaca Buruk

Mapala Satria UMP Siap Gelar Talk Show Dampak Mega Proyek PLTPB Terhadap Hutan Lindung Gunung Slamet

Pemutaran Film dan Diskusi Asimteris Dalam Rangka Memperingati Hari Bumi Se-Dunia

End Plastic Pollution, Tema Peringatan Hari Bumi Se-Dunia