MapalaPTM.com

Portal Berita Petualang



Sabtu, 04 November 2017 - 05:04:24 WIB

Beberapa Menu Makanan Saat Mendaki Gunung Yang Paling dirindukan oleh Para Pendaki

Kategori: Gunung Hutan Diposting oleh : Ingus - Dibaca: 1112 kali



Singaraja, Bali; MapalaPTM.com (4/11) - Saat ini mendaki gunung sudah menjadi gaya hidup kebanyakan orang, bukan hanya pecinta alam, gunung juga dipenuhi orang-orang yang muak dengan semrawutnya kehidupan dunianya.  Gunung seolah-olah menjadi tempat ternyaman untuk melarikan diri dan merefresh  otak yang sudah tidak sinkron.
 
Pada faktanya pula, saat ini anak pecinta alam kebanyakan lebih memilih gantung carrier dan focus pada proker masing-masing sebagai bentuk pengabdiannya terhadap organisasi. Dan ada pula yang menjadikan situasi dan kondisi sebuah alasan untuk tidak menikmati keindahan gunung lagi, kuliah dan beroganisasi sudah menyita hampir sebagian waktu menjadi padat.
 
Tidak munafik, meskipun memutuskan gantung carrier. Gunung tetap sangat dirindukan oleh para pecinta alam apalagi yang memang basicnya adalah anak (GH) gunung-hutan.
 
Pembahasan-pembahasan ringan yang sering dibahas ketika merindukan gunung adalah menu makanan gunung yang special. 
 
Yuk kita intip menu makanan di gunung apa yang paling dirindukan?
 
1.Mie Kuah Telor 
Mie instan adalah makanan yang paling trand dan umum dibawa siapa saja ketika mendaki gunung. bukan hanya makanan pokok anak kost, mie instan adalah makanan paling enak ketika disantap di gunung ketika cuaca dingin .Dengan kuah yang mendidih ditambahkan ceplokan telur dan beberapa cabai merah,  bisa ditambah sosis, tahu dan sayur masuk-masukin aja semuanya biar tambah rame.  Biasanya nyantapnya bareng-bareng dalam satu nasting dan kuahnya disruput ganti-gantian, siapa yang nyerangnya lemah bakalan kebagian kuahnya doank.
 
2.Omlet
Omlet adalah makanan yang paling mudah dimasak ketika di gunung, karena bahan bakunya adalah telor yang biasa  dicampur sama mie instan, potongan seledri dan daun bawang lalu digoreng.  Kalo udah mateng dicocol sama cause atau mayonnaise. Uh enak banget, temen makanny teh hangat dan dimakan didepan tenda sambil menikmati sunrise warna jingga, apalagi sambil mendengarkan cerita nostalgia. Top banget. 
 
3.SARTIKA (Sambel Teri Kacang)
Nih makanan pedas yang juga bikin  ketagihan, sartika (sambal teri kacang)  biasanya makanan ini uda dimasak dari rumah jadi pas digunung tinggal angetin aja dan masak nasi. Nah yang bikin kesan dengan menu ini adalah setelah makan semua pada nyari semak semak untuk merenung sejenak.
 
4.Tumis kangkung laok tempe crispy
Makanan tumis kangkung mudah banget dimasak di gunung, jimatnya yang penting bawa kecap dan saos tiram.  Menu enak banget buat sarapan, nasinya anget lauknya tempe goreng crispy. Tapi Ati2 abis makan tumis kangkung hawanya bakalan ngantuk lho dan juga memicu cepet pup.
 
5.Sayur Sop
Sayur sop ini biasanya udah dibungkus dalam satu paket : ada kentang, wortel, gubis, buncis, seledri. Ni menu enak dimakan klo masih di pos pendakian agak bawah soalnya masih seger sayurnya.
 
6.Sardent Pedas
Sardent adalah menu yang selalu dibawa pendaki dan dimasak saat situasi logistik segar udah abis  biasnaya ditambahin cabai biar agak pedas ya, lebih tepatnya menu Ini enak banget klo udah posisi turun gunung. 
 
7.Agar-agar dan puding
Nih makanan wajib juga dibikin, biasanya malam hari bikinnya dan siang hari makannya. Tp ati2 klo ketahuan yang lain belom siang udah abis nih puding. 
 
8.Nasi Uduk
Biasanya ada yang bikin nasi uduk kalo stok logistik dititik penghabisan kebetulan pas buka2 kantong nemu santan instan.  Akhirnya terbentuklah nasi uduk yang gurih, lauknya sih apa aja bisa yaahh..  Bisa pakek snack biar kriuk-kriuk.
 
9.Seblak
Digunung bisa masak seblak, yang penting bawa krupuk mentah aja ya gaes. Kadang bikin seblak yang bumbunya ala kadarnya aja dah nuuikmat.
 
Tuh gaes rekomendasi menu yang selalu dirindukan, pasti kalian punya menu-menu sendiri dan juga ada ceritanya dibalik menu kalian.
 
Apapun menunya, utamakan kebutuhan kalori tubuh ya gaess. Imbangi dengan minum air putih untuk mencegah dehidrasi dan juga makan makanan manis dan minuman manis untuk menyeimbangkan gula darah dan tak lupa bwa buah-buahan juga biar tambah sehat.
 
Ada rencana kapan kemana nih gaes??  Udah siap masak cantik digunung kan? Sesibuk apapun, luangkan waktu tipis-tipis untuk piknik biar nggak panik.
 
Nah, menu favorite kalian apa nih sahabat mountaineer.. jangan lupa kirim foto menu terbaik kailan di kolom Komentar yaa.. 
 
 
 
 
 
 
Kontributor: Ingus - Mapala Loka Samgraha, Universitas Pendidikan Ganesha
FACEBOOK : YULIAN RAHMA
INSTAGRAM: YULIAN_RAHMA
 
-Media Petualang Indonesia-
Hastag #Mapala #MapalaPTM
#Facebook: MapalaPTM.com
#Twitter  : @MapalaPTM
#Instagram: @MapalaPTM
#Youtube  : MapalaPTM
 
Jika para petualang, Backpacker, Pecinta Alam, Mapala, maupun Sispala yang hobby menulis tentang Kegiatan- kegiatan Organisasinya, petualangannya, kritik kerusakan lingkungan, Wisata Alam,  dan Artikle-nya ingin dimasukan ke Media Petualang Indonesia MapalaPTM.com, Silahkan tulisannya kirim ke email: MapalaPTM@gmail.com atau inbox ke Fanspage halaman MapalaPTM.com yang di facebook. 
 
Kami juga akan membuatkan username akun penulis dan passwordnya di portal MapalaPTM.com, agar para penulis bisa langsung memposting artiklenya sendiri ke Media Petualang Indonesia MapalaPTM.com
 
#Apabila ada teman-teman yang ingin kejuaraan panjat dinding-nya kita tayangkan di halaman MapalaPTM.com, diharapkan mengirimkan dalam bentuk artikle berita + famplet berbentuk landscape untuk judul beritanya.
 
Yuukkk Mari Menulis, Berbagi itu Indah...





Berita Terkait


Tips-Tips Menjadi Sepasang Mapalove, Untuk Kamu yang Sedang Menjalin Kisah Asmara
Salah Satu Gunung Tertinggi, Puncaknya Masih Misterius oleh Para Pendaki Dunia Untuk Menggapainya
41 Tahun Gemapala WIGWAM FH Unsri mengadakan Musi River Camp Tingkat Nasional (R4)
Pendakian Antar Propinsi Sumsel dan Bengkulu, 12 Hari Membelah Hutan Hujan Sumatera di Gunung Patah
Menumbuhkan Sikap Cinta Terhadap Alam, Siswa SDN 7 Muntok Lakukan Kegiatan Lintas Alam Bukit Kukus



IP Anda Adalah: 54.90.237.148

Translate



Kategori



Gallery Foto


Dua Tokoh Petualangan di Indonesia
Yuni & Cahyo
Mila Ayu Haryanti - 7 Summiter Indonesia in 100 days
Mila Ayu H
Kang Bongkeng dan Portal Berita Petualang MapalaPTM.Com
Djukardi Bongkeng
APGI: Assosiasi Pemandu Gunung Indonesia
APGI
Vicky Gosal, Seorang tokoh petualangan di indonesia
Vicky Gosal
Tim Putri Seven Summit Indonesia "Wissemu" Mahitala Unpar, Bandung
Hilda & Fransisca



Sekilas Info

Mayor John Wesley P, Bpk Arung Jeram Dunia dgn pertama kali susuri Sungai Colorado sejauh 250 mil

Apakah Anda Tahu? Salah Satu Jalur Pendakian Termahal di Dunia yaitu di Gunung Carstenz, Papua

Berkemah di alam terbuka, mengasah kreatifitas anak & mampu hadapi tantangan utk selesaikan masalah

Green Boots adalah sebutan Mayat yg tdk teridentifikasi dan menjadi acuan arah ke puncak Gn Everest

Senyuman dpt menularkan kebahagiaan kpd orang lain, Senyum yg tulus bermanfaat dlm meraih kesuksesan

Pemandu pendaki gunung Nepal Appa Sherpa telah mendaki puncak Everest 18x

Semua pendaki Gn Everest dan tim pendukung wajib angkut sampah 8 kg ketika turun

Remaja masa kini lebih lancar berkomunikasi di sosial media, dibandingkan di kehidupan nyata

Sherpa di Nepal anjurkan makan bawang putih, Cegah rasa tidak nyaman krn ketinggian gunung

Pikiran positif Anda akan menuntun kehidupan Anda pada hasil yang positif

Penelitian Menemukan Seorg yg Cintai Lingkungan adlh yg lebih diinginkan u/ Hubungan Jangka panjang

Melamun terbukti mampu buat Seseorang lebih kreatif & merangsang otak memunculkan ide-ide kreatif

Cuaca buruk, Jangan Aktifkan Hp di atas gunung jika tak ingin tersambar petir

Masih Jomblo? Mau Cari Pasangan Hidup yg bisa diajak Berpetualang? Join Yukkk di Kolom Jomblo





video klip hasil karya musik dari musisi IWA K yang turut mendukung #WALHI (2824303)

Merinding, Baca Sms Terakhir Supriyadi Saat Nyasar di Gunung Semeru (46596)

Pendaki asal Jakarta Meninggal Dunia Saat Mendaki ke Puncak Gunung Tertinggi di Indonesia, Carstenz (42551)

Gunung Semeru Memakan Korban Lagi, Pendaki asal Depok Tewas di Kalimati pagi tadi (33279)

LOTENG Resmi Buka Jalur Baru Rinjani Terindah Terlandai & Terdekat (30416)

Cerita Unik Dan Menakutkan Dibalik keindahan Gunung Kerinci Jambi (30321)

Pendaki yang Hilang ditemukan telah Tewas Jatuh ke Jurang sedalam 150 Meter (29812)

Mapala itu Garda Terdepan di Setiap Bencana, Sistem Diksar Dibenahi & Bukan Mapalanya dibubarkan (29510)

Kronologis Meninggalnya Pendaki asal Depok di Kalimati Gunung Semeru (25175)

Pendakian Gunung Sindoro-Sumbing Terbaru Januari 2016 (24241)

Guider Mahasiswa UIN Jatuh Ke Dasar Goa Terdalam di Indonesia, Maros Sulsel (23983)

Kronologis Meninggalnya Ike Suseta Adelia Asal Palembang di Gunung Rinjani (21105)

Kronologi Hilangnya Pendaki asal Cirebon di Gunung Semeru (20414)

AOC II, Aldakawanaseta Universitas Dian Nuswantoro Semarang Kembali Menggelar Kejuaraan Orienteering

Tim SAR Berhasil Evakuasi Pendaki Tersesat di Jalur Pendakian Gunung Sindoro via Sigedang

Empat Pendaki Tersesat di Jalur Pendakian Gunung Sindoro via Sigedang Akibat Kabut Tebal

Hobby Mendaki Gunung, Mahasiswi Cantik Asal Jogja Siap Taaruf Mencari Calon Imam

DIKDASLU KE- IX, MAPALU UM Sukabumi Lahirkan Angkatan Mutiara Api

Carstensz Pyramid, Tim 7 Summits Indonesia in 100 Days Sukses Gapai 7 Puncak Tertinggi Indonesia

Perlengkapan Wajib Tidak Dibawa, 2 Pendaki Gunung Panderman Tersesat

Gunung Agung Kembali Erupsi, Warga Senantiasa Waspada

ICC Gelar Indonesian Climber First Ascent Expedition Bumi Rafflesia, Bengkulu

Jalur Pendakian Gunung yang Resmi Ditutup, Update Januari 2018

Puncak Gunung Bukanlah Tujuan

Usus: Cara Pendaki Gunung Zaman Now Menanggapi Mitos

UPL MPA Universitas Jenderal Soedirman Bersiap Mendaki Gunung Aconcagua, Argentina