MapalaPTM.com

Portal Berita Petualang



Rabu, 08 November 2017 - 08:14:45 WIB

Genap 10 Tahun, Mapala Cadas.Com Launching Buku Organisasi, Cinta dan Hobi

Kategori: Mapala Diposting oleh : Mapala Cadas Com - Dibaca: 190 kali



Balikpapan, MapalaPTM.com (8/11) - Launching Buku Organisasi Cinta, dan Hobi digelar Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) Carmine Delta Adventurers (Cadas.Com) Sekolah Tinggi Teknologi Minyak dan Gas Bumi Balikpapan, Sabtu (28/10).
 
Launching untuk kedua kalinya digelar secara sederhana di halaman Sekretariat Mapala Cadas.Com, Jl.Soekarno Hatta KM.08 Karang Joang Balikpapan Utara. Sebelumnya Launching Buku pertama dilakukan saat bertepatan dengan Milad Mapala Cadas.Com ke-10 di Auditorium STT Migas Balikpapan, Maret 2017 silam.
 
Tujuan dilakukannya Launching Buku untuk mengenalkan karya tulis. Ke depan, buku ini dapat menjadi referensi bagi para penerus untuk menjalankan roda organisasi.
 
Panitia Launching Buku menyiapkan acara tersebut selama sepekan lamanya. Dimulai dari pembentukan panitia, pembuatan surat peminjaman dan undangan, serta mendekorasi tempat acara tersebut.
 
“Tetapi yang ikut serta di pra kegiatan ini tidak hanya panitia, tetapi senior – senior dari Cadas ikut membantu seperti dana, tenaga dan lain lain,” ujar Ketua Panitia Launching Buku, Febbyan Sudirman. Jalannya acara berlangsung santai mengingat desain acara di outdoor membuat tamu undangan lebih bertatap langsung dengan alam.
 
Tamu undangan yang hadir, kata Febbyan, kurang lebih 63 orang, Perwakilan dari berbagai lembaga pemerhati lingkungan kampus dan umum, Seperti Komunitas Pencinta Alam Spezies, Forum Peduli Teluk Balikpapan, BalikpapanArt Foundation, Mapala Himpa Politeknik Balikpapan, Mapala Greempanks, Amazon, dari Politeknik Samarinda, Mapala Gempa IAIN Samarinda, Mapala Ampal LP3I Balikpapan, serta perwakilan organ intra kampus, seperti Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI), Himpunan Mahasiwa Teknik Pengolahan Migas, dan Himpunan Mahasiwa Teknik Instrumentasi dan Elektronika Migas.
 
Pada Launching Buku kedua ini, undangan mengikuti agenda acara yang sudah diatur oleh panitia, seperti membaca Kode Etik Pencinta Alam Indonesia, dan menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Tamu undangan tampak khidmat berdiri dan membaca Kode Etik Pencinta Alam Indonesia serta menyanyikan lagu Indonesia Raya yang juga diiringi oleh para anggota Cadas. Setelah itu sambutan dari ketua Panitia Launching Buku dan Pengganti ketua Umum Cadas sementara, karena pada hari itu ketua Umum berhalangan hadir.
 
Tamu undangan tampak antusias bertanya tentang proses pembuatan buku, saat  Tim Buku maju untuk menjelaskan. “Ingatan bisa hilang, tulisan akan abadi. Ingatan yang menjadi problem utama selama penulisan buku ini,” ujar Ketua Tim Buku, Edwin Agustyan menjelaskan.
 
Ia mengatakan, buku Organisasi, Cinta, dan Hobi ini merupakan hadiah kecil bagi ulang tahun ke-10 Cadas yang jatuh pada 3 Maret 2017. Disusun oleh delapan orang anggota Mapala Cadas.Com dari lintas angkatan. Benny dan Edwin mewakili anggota yang akif pada tahun-tahun pertama Cadas berdiri, 2007 lalu.
 
Surya dan Fariz merupakan bagian dari era ketika Cadas mulai keluar dari krisis anggota. Sadliansyah, Jossy, serta dua bungsu, Febbyan dan Yolanda merupakan anggota yang aktif saat ini. Selain Tim Buku, materi seputar lingkungan hidup juga dibawakan oleh Koordinator FPTB, Mapaselle dan Dosen STT Migas Balikpapan, M Luthfi.
 
Materi yang dibawakan oleh Dosen Luthfi, yakni tentang Lingkungan Hidup. Tetapi di awal pembahasan, alumnus Universitas Hasanudin Makassar ini turut membahas pentingnya memaknai Kode Etik Pencinta Alam Indonesia dalam perilaku kehidupan sehari-hari.
 
Sedangkan, materi tentang betapa pentingnya menjaga kelestarian lingkungan hidup khususnya di sekitar Teluk Balipapan yang merupakan daerah penyangga, dibawakan oleh Mapaselle. “Karena beberapa flora dan fauna langka hampir punah, maka dari itu butuh kesadaran diri lebih masyarakat Balikpapan untuk menjaga kelestarian lingkungan di sana,” ujarnya.
 
Setelah penyampaian materi, ada sesi tanya jawab. Tentunya mengarah tentang materi yang telah dijelaskan. Tamu undangan pun bertanya, seperti menanyakan bagaimana menjelaskan Kode Etik Pencinta Alam Indonesia kepada Pencinta  Alam dari Luar Indonesia dan lain lain. Dan tentunya pertanyaan itu dijawab dengan lugas dan jelas oleh pemateri.
 
Setelah sesi tanya jawab ada acara akustikan. Di situ pula tanda bahwa acara Launching Buku yang kedua berakhir. Dan sambil menutup acara para tamu undangan dan anggota Mapala Cadas.Com sibuk menyantap makanan yang telah disediakan oleh panitia.
 
Seusai itu, sebagian tamu ada yang tak langsung pulang, namun memilih memanfaatkan momen untuk berdiskusi dengan anggota Cadas. Ada juga yang sibuk mengabadikan moment dengan mengambil gambar di backdroop yang telah dibuat oleh panitia.
 
Sekedar diketahui, Cadas sendiri adalah organisasi pencinta alam yang berdiri di lingkup STT MIGAS Balikpapan. Sebagai wadah mahasiswa yang mempunyai jiwa petualang dan tantangannya dan juga sebagai penyaluran hobi mahasiswa.
 
Cadas berdiri pada tanggal 3 maret 2007 yang diketuai oleh Benny Oktaryanto. Organisasi ini berdiri karena kesadaran mahasiswa terhadap alam. Karena alam adalah tempat kita, jadi manusia dan alam tak bisa dipisahkan karena keduanya merupakan unsur yang saling menopang kelangsungan hidup.
 
Buku Organisasi, Cinta dan Hobi yang telah dibuat oleh anggota Mapala Cadas.com. Buku ini bertuliskan tentang perjalanan Mapala Cadas.com selama 10 tahun seperti PDCA I sampai PDCA X dan kegiatan – kegiatan yang diikuti oleh Mapala Cadas.Com. Buku ini juga sebagai refrensi buat kader selanjutnya untuk menjalankan organisasi kedepanya.
 
 
 
 
 
 
 
Kontributor:
-Deni Prabowo (Lidi)
-Jossy Valentino
Mapala Cadas.Com
 
-Media Petualang Indonesia-
Hastag #Mapala #MapalaPTM
#Facebook: MapalaPTM.com
#Twitter  : @MapalaPTM
#Instagram: @MapalaPTM
#Youtube  : MapalaPTM
 
Jika para petualang, Backpacker, Pecinta Alam, Mapala, maupun Sispala yang hobby menulis tentang Kegiatan- kegiatan Organisasinya, petualangannya, kritik kerusakan lingkungan, Wisata Alam,  dan Artikle-nya ingin dimasukan ke Media Petualang Indonesia MapalaPTM.com, Silahkan tulisannya kirim ke email: MapalaPTM@gmail.com atau inbox ke Fanspage halaman MapalaPTM.com yang di facebook. 
 
Kami juga akan membuatkan username akun penulis dan passwordnya di portal MapalaPTM.com, agar para penulis bisa langsung memposting artiklenya sendiri ke Media Petualang Indonesia MapalaPTM.com
 
#Apabila ada teman-teman yang ingin kejuaraan panjat dinding-nya kita tayangkan di halaman MapalaPTM.com, diharapkan mengirimkan dalam bentuk artikle berita + famplet berbentuk landscape untuk judul beritanya.
 
Yuukkk Mari Menulis, Berbagi itu Indah...
 





Berita Terkait


Gemapala BBC Cirebon Siap Gelar Dies Natalis yang Ke-4 tahun pada Hari Kamis, 9 November
Tim Ekspedisi Putri Eka Citra UNJ Berhasil Gapai Puncak Dhampus Peak Himalaya, Nepal
TWKM XXIX Mapala Se-Indonesia, Kegiatan Kenal Medan diselenggarakan di Gunung Gede Pangrango
Peringati Sumpah Pemuda, Tarantula Adventure BSI Yogyakarta Bersihkan Aliran Air Bodeh dari Sampah
Mengenal Lebih Dekat Organisasi Mahasiswa Pecinta Alam di Kota Gudeg, Palastta STTA Yogyakarta



IP Anda Adalah: 54.224.102.26

Translate



Kategori



Gallery Foto


Dua Tokoh Petualangan di Indonesia
Yuni & Cahyo
Mila Ayu Haryanti - 7 Summiter Indonesia in 100 days
Mila Ayu H
Kang Bongkeng dan Portal Berita Petualang MapalaPTM.Com
Djukardi Bongkeng
APGI: Assosiasi Pemandu Gunung Indonesia
APGI
Vicky Gosal, Seorang tokoh petualangan di indonesia
Vicky Gosal
Tim Putri Seven Summit Indonesia "Wissemu" Mahitala Unpar, Bandung
Hilda & Fransisca



Sekilas Info

Masih Jomblo? Mau Cari Pasangan Hidup yg bisa diajak Berpetualang? Join Yukkk di Kolom Jomblo

Apakah Anda Tahu? Salah Satu Jalur Pendakian Termahal di Dunia yaitu di Gunung Carstenz, Papua

Masih Jomblo? Mau Cari Pasangan Hidup yg bisa diajak Berpetualang? Join Yukkk di Kolom Jomblo

Green Boots adalah sebutan Mayat yg tdk teridentifikasi dan menjadi acuan arah ke puncak Gn Everest

Masih Jomblo? Mau Cari Pasangan Hidup yg bisa diajak Berpetualang? Join Yukkk di Kolom Jomblo

Pemandu pendaki gunung Nepal Appa Sherpa telah mendaki puncak Everest 18x

Semua pendaki Gn Everest dan tim pendukung wajib angkut sampah 8 kg ketika turun

Masih Jomblo? Mau Cari Pasangan Hidup yg bisa diajak Berpetualang? Join Yukkk di Kolom Jomblo

Sherpa di Nepal anjurkan makan bawang putih, Cegah rasa tidak nyaman krn ketinggian gunung

Masih Jomblo? Mau Cari Pasangan Hidup yg bisa diajak Berpetualang? Join Yukkk di Kolom Jomblo

Penelitian Menemukan Seorg yg Cintai Lingkungan adlh yg lebih diinginkan u/ Hubungan Jangka panjang

Masih Jomblo? Mau Cari Pasangan Hidup yg bisa diajak Berpetualang? Join Yukkk di Kolom Jomblo

Cuaca buruk, Jangan Aktifkan Hp di atas gunung jika tak ingin tersambar petir

Masih Jomblo? Mau Cari Pasangan Hidup yg bisa diajak Berpetualang? Join Yukkk di Kolom Jomblo





video klip hasil karya musik dari musisi IWA K yang turut mendukung #WALHI (2803062)

Merinding, Baca Sms Terakhir Supriyadi Saat Nyasar di Gunung Semeru (46219)

Pendaki asal Jakarta Meninggal Dunia Saat Mendaki ke Puncak Gunung Tertinggi di Indonesia, Carstenz (40832)

Gunung Semeru Memakan Korban Lagi, Pendaki asal Depok Tewas di Kalimati pagi tadi (32865)

LOTENG Resmi Buka Jalur Baru Rinjani Terindah Terlandai & Terdekat (30045)

Pendaki yang Hilang ditemukan telah Tewas Jatuh ke Jurang sedalam 150 Meter (29521)

Mapala itu Garda Terdepan di Setiap Bencana, Sistem Diksar Dibenahi & Bukan Mapalanya dibubarkan (29071)

Cerita Unik Dan Menakutkan Dibalik keindahan Gunung Kerinci Jambi (28744)

Kronologis Meninggalnya Pendaki asal Depok di Kalimati Gunung Semeru (24845)

Guider Mahasiswa UIN Jatuh Ke Dasar Goa Terdalam di Indonesia, Maros Sulsel (23650)

Pendakian Gunung Sindoro-Sumbing Terbaru Januari 2016 (22909)

Kronologis Meninggalnya Ike Suseta Adelia Asal Palembang di Gunung Rinjani (20502)

Kronologi Hilangnya Pendaki asal Cirebon di Gunung Semeru (20059)

Jelang Milad ke-X, Mapalamu Luwuk Banggai Sulawesi Tengah Gelar Berbagai Kegiatan

Kerinci, Atap Sumatera Mempesona Berhasil Digapai Tim 7 Summits Indonesia in 100 Days

Manfaatkan momen Car Free Day, MAPALA UMRI lakukan kegiatan ini

Anggota UPL MPA Unsoed Purwokerto Buka Jalur Pendakian di Gunung Slamet via Penakir

Keluarga Besar Mapala Muhammadiyah Se-Indonesia Ucapkan Selamat Milad Kepada Muhammadiyah Ke-105

Jenasah Pendaki Gunung Lawu Ditemukan Membusuk, Diperkirakan Meninggal Lebih dari Sebulan

Yogyakarta Siap Gelar Kejurnas Panjat Tebing XVI Untuk Jaring Atlet Potensial

GEMAPALA WIGWAM FH UNSRI sukses adakan kegiatan MUSI RIVER CAMP

Mengenal Lebih Dekat Pencinta Alam di Kota Sejuta Bunga, Mapala "SULFUR" UNTIDAR Magelang

II-Outfest, Pameran Aktivitas Outdoor Terbesar akan Meriahkan Pertama Kalinya di Kota Makassar

Kongres IV Pecinta Alam Bandung Raya Rekomendasikan Forum Nasional Pecinta Alam Indonesia

Membentuk Karakter Pemuda Lewat Pendidikan Dasar KPA Summit Adventure

Tim 7 Summits Indonesia in 100 Days Menggapai Puncak Rantemario, Latimojong